Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Makanan Untuk Mengatasi Cegukan

9.11.12 Ramadhan Liya 0 Comments Category : ,









Heyho.... how's life ??
gw bosan ah ngedit blog teruss.....  
emang, manusia gak pernah merasa puas.. takdir kali
ganti templat ini lah.. itulah... ganti color theme lah...
ah.. pokoknya kalau terus nurutin kehendak, bakalan gak ada habisnya..
tapi, kalau sudah jadi hobi, mau gimana lagi ??

Oke, lah... 
gw mau mutusin sebuah perkara..
tentang kebiasaan gw yang selalu ngedit blog..
oleh karena itu, gw putusin buat break out dulu dari dunia pengeditan
dan beralih ke dunia sharing ilmu..
yeayyyy....

gara-garanya tadi gw ngunjungi sebuah blog yang bagus banget artikelnya..
keren tambah bermanfaat banget..
terus, gw mikir.. bagaimana kalau gw ikut-ikutan berbagi ilmu ??

gw anggap kalian setuju.. :-

okeh.. btw, akhir-akhir ini gw mulai mengalami gejala-gejala panas dalam
mulai dari sariawan yang sangat merajalela, sakit tenggorokan tiba-tiba, sedikit demam, pusing
and CEGUKAN !!

Lah.. kalian pernah cegukan, kan??
walaupun cegukan gak berbahaya, tapi kan bisa buat kita jadi malu.

Emangnya, apa sih penyebab cegukan ??

Cegukan itu adalah kondisi diafragma yang mengejang diluar kemauan. 
Cenderung disebabkan karena karbondioksida dalam darah merosot rendah. 
Selain itu, gas beracun, merokok, makanan dan minuman yang pedas, panas dan dingin dimakan/diminum secara bersamaan juga penyebab cegukan. 
Nah, itu yang sering gw lakuin ----  ngaku

Cegukan juga menjadi cara tubuh untuk memberitahukan bahwa anda makan atau minum terlalu banyak. Lah, katanya minum yang banyak dapat mencegah cegukan ???
Eitss... belum kelar !!!!
Kata para ilmuwan, nih, cegukan ternyata refleks yang mencegah kita tersedak makanan/minuman.


Stress dan emosi juga yang tinggi juga terkadang memicu cegukan. 
Lantas, apa gw sedang stress ??
Bisa juga disebabkan, karena ada benda asing dalam telinga.


Apa yang dilakuin jika sudah terlanjur cegukan ??

Nah, pertanyaan gw, nih !!

Terus, om google menjadi perantara buat jawab 

Ternyata, buat ngatasin cegukan gak melulu harus minum air yang banyak, atau membalikkan posisi tubuh,
atau menahan nafas, atau merendamkan kepala di air, etc.
Tapi, kita bisa kok pake cara lain yang tentunya gak nyakitin.. malah kita akan menyukainya..
Yang kita perlu lakuin cuma makan makanan di bawah ini :

  • Gula
Menelan 1 sendok teh gula pasir kering, dapat membantu untuk menyembuhkan cegukan. Hal ini bekerja karena menelan bubuk butiran gula yang lengket dapat mengubah irama pernapasan, sehingga dapat bekerja menghentikan cegukan. Cegukan juga dapat berhenti karena adanya sensasi manis yang dirasakan ujung saraf di mulut, terutama pada bagian belakang lidah yang peka terhadap rasa asam.



  •  Selai kacang
Satu sendok makan selai kacang juga bisa menyembuhkan cegukan. Alasannya sama, yaitu karena selai kacang yang begitu lengket sehingga bisa mengubah irama napas.



  • Jeruk nipis

Mengunyah seiris lemon segar dapat mengganggu pola impuls saraf vagus, yang dapat menghentikan cegukan. Selain menguyah, variasi juga bisa dilakukan pada irisan jeruk nipis, seperti mengisap seiris asinan jeruk nipis atau memakannya.

Nah, yang sering kita lakuin...
  • Air
Cukup minum segelas air dapat membantu menghentikan cegukan. Menelan air dapat mengganggu siklus cegukan dan menenangkan saraf. Berkumur dengan air juga dapat menyembuhkan cegukan.


Dari makanan di atas, yang gw pilih ya.....  selai kacang lah.
Kalau, gula bisa bikin diabet (dan emang gw gak suka makanan yang manis-manis)
Jeruk nipis ?? Ooo... asemmmm lah pastinya..
Air..??  cara kedua setelah  selai kacang , deh



Liya

RELATED POSTS

0 Comment

NO HARSH WORDS
please, don't SPAM here!
I'll reply if I didn't busy -.-